Menulis(program#2)

Menulis merupakan suatu kegiatan untuk menciptakan sebuah catatan.
Menulis biasa dilakukan diatas kertas dengan menggunakan alat tulis sperti pena. Menulis bisa juga dilakukan dengan cara menggambar dan mengetik.
Kadang kita mikir, nulis apa yaa,,?. Bingung mau nulis apa.

    Banyak orang merasa kesulitan dalam menulis. Ada yang tidak punya waktu, ada pula yang tidak punya ide. Bahkan yang lebih menarik banyak orang pintar dan memiliki keahlian di beberapa bidang, tapi kesulitan menuliskan bidang keahliannya. Termasuk ada juga orang yang hebat ketika berbicara  tapi terseok-seok kalau harus menulis.
Menurut saya menulis itu sebenarnya tidak sulit, bahkan bisa dikatakan mudah. Mengapa demikian? Karena setiap hari sebenarnya kita sedang menulis. Coba perhatikan setiap hari kita berbicara, merenungkan sesuatu dalam hati dan pikiran, membuat berbagai perencanaan, pilihan dan keputusan dalam hidup kita

     Menulis kata atau buat kalimat tidak harus sempurna kalalu kita mikir bagaimana cara supaya sempurna kita tidak akan bisa-bisa nyusun kalimat . Tulislah apa yang ada dipikiranmu atau curahan hatimu ketika kamu lagi sedih maupun senang. Nulis kata atau kalimat bukan Cuma di atas kertas saja, kita bisa juga ketik di leptop, hp. Bisa juga kita bisa nulis status lalu kita pos ke sosmed.
Ada beberapa hambatan yang menjadi penghalang kita dalam menulis
-merasa takut tulisannya jelek.
Seharusnya kita tidak usah meras takut tulisannya jelek, karena dengan begitu kapan kita bisa menulis kalau merasa takut tulisannya jelek terus.
-merasa malu kalau tulisannya dibaca orang.
Kanapa kita harus malu kalau tulisan kita dibaca orang, biarkan mereka mambaca tulisan kita toh kita juga lagi belajar, meskipun ada yang berkomtar yang jelek biarkan saja itu hak mereka, kalau ada yang berkomentar yang baik Alhamdulillah berarti masih ada yang menikmati tulisan kita
-merasa tidak ada bakat dalam menulis.
Sebenarnya bakat itu tadak harus dengan menulis masih banyak hal lainnya tapi disini menilis kita harus tetap balajar untuk menulis, karena apa,,,? Karena menulis itu penting apalagi untuk kesehari-hari kita, harus mencatat pelajaran yang perlu kita tulis .
Dari kata “merasa” inilah yang menjadi masalah, yakni minder khwatir tulisannya tidak menarik, padahal yang kita rasa belum tentu kenyataan, bisa jadi tulisan kita sangat menarik bagi yang membacanya tapi kurang menarik buat kita sendiri karena memang sehari-hari sudah sangat terbiasa dengan apa yang dituliskan.

     Menulis bisa menjadi suatu kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan! Dari fiksi realistis hingga misteri dan misteri hingga puisi, tulisan kita hanya dapat dibatasi oleh imajinasi kita
Tidak perlu memikirkan dengan hambatan yang ada, dengan kita terus berlatih dan mempelajari teknisnya, Kesulitan membuat struktur tulisan dapat diatasi dengan sering-sering menulis. Lama kelamaan kita akan terbiasa membuat struktur pikiran secara jelas dan runtut dalam tulisan. Sedangkan gaya penulisan sangat terkait erat dengan kepribadian, buku-buku yang pernah dibaca, penulis yang kita kagumi, ataupun pemikiran-pemikiran yang kita yakini. Jangan khawatir kalau sementara Anda cenderung mencontoh gaya tulisan seseorang yang menjadi panutan. Nanti akan ada saatnya Anda memiliki gaya penulisan yang khas.

      Kesalahan terbesar dari banyak orang dalam menulis adalah segera menilai kalimat atau paragraf pertama yang dituliskan, menimbang-nimbang kata-kata yang pas sampai akhirnya macet di sana dan berkesimpulan tidak bisa melanjutkan. Jangan biarkan otak kiri mengatur dan mengomentari terlalu banyak. Fokus pada menuangkan isi pikiran Anda terlebih dahulu.
Aku akan membagi sedikit pengalamanku tentang menukis, Aku sendiri dulu suka banget nulis kayak semacam curhat gitu di buku diary, bahkan saking sukanya sampai aku pernah nulis-nulis di daun jati sampai penuh tapi entahlah aku nulis apa asal nulis aja bisa dibilang tidak jelas.
Ini lagi pelajaran bahasa Indonesia aku sama ibu ana tiba-tiba disuruh nulis apa aja, aku bingung mau nulis apa dan disitu kita dikasih waktu 5 menit ya suadah aku nulis apa ajah yang ada di otak ku waktu itu tidak mikir itu kalimat benar atau tidak yang penting nulis sesuai yang diperintahkan ibu ana, dipertemuan selanjutnya kita disuruh nulis tapi sesuai tema yang kita pilih terserah tema kita dibebaskan untuk memilih tema asalkan sesuai, aku memilih tema yang aku pilih, awalnya aku bingung gimana cara menysun kata yang benar..? akhirnya ibu ana memberi arahan jangn memikirkan bagaimana susun katanya sempurna. Akhirnya aku ikuti saran ibu ana, mengikuti alurnya dan tanpa sadar itu bisa kalimat yang sangat panjang dan disitu aku merasa senang bengat akhinya aku bisa.

       Jadi cara apapun yang kita sukai, lakukanlah. Yang pasti hilangkan dulu hambatan terbesar yakni diri kita sendiri. Bayangkan betapa berharganya apa yang pernah kita tulisan buat kita sendiri
Menulis setiap untuk kesehatan menulis apapun diatas kertas, dan bukan meni menulis email atau laporan di computer atas smarphone, ternyata akan memberikan menfaat tertentu bagi kesehatan, terutama kesehatan mental kita. Jika kita sudah lama tidak melakukannya, kita mungkin harus melakukan praktik menulis terlebih dahulu, entah dengan cara menulis ekspresif seperti yang kita lakukan pada buku harian. Dengan mengadopsi kebiasaan menulis setiap hari, kita dapat merasakan kepuasan tertentu dan bahkan mungkin kita akan tertentu untuk membawa perubahan besar dalam hidup.

Dan beberapa menfaat menulis bagi kesehatan:
-membantu memulihkan kesehatan
-membantu kita untuk berbicara lebih lancer
-membuat pikiran dan badan kita menjadi lebih baik.
-membantu untuk tertidur


Ituhlah fakta unik dari menulis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Afifah(harga diri)

Merenung di atas atap (program#1)